WeCreativez WhatsApp Support
Have something in your mind?, feel free to chat with us.
Hi, how can I help?

Strategi Digital Marketing untuk Usaha Mikro

Saat ini, dunia bisnis telah berubah secara drastis. Dengan berkembangnya teknologi yang sangat cepat, perusahaan-perusahaan besar dan kecil harus mampu menyesuaikan diri dengan perkembangan dunia digital. Salah satu caranya adalah dengan menciptakan strategi digital marketing yang efektif.

Usaha mikro biasanya memiliki anggaran atau dana yang terbatas untuk pemasaran, jadi usaha mikro harus pintar-pintar menemukan cara untuk mengoptimalkan anggaran yang tersedia. Salah satu cara untuk mengoptimalkan adalah dengan menciptakan strategi digital marketing yang tepat.

image source: https://unsplash.com/photos/U33fHryBYBU

Untuk membuat strategi digital marketing yang efektif, ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Pertama, lakukan riset tentang target market nya.

Target market adalah kelompok konsumen yang akan dituju oleh pelaku usaha. Kemudian, pelaku usaha harus mengetahui kebutuhan dan preferensi target pasar.

Kedua, pelaku usaha harus menentukan platform digital yang akan digunakan.

Platform digital yang dapat digunakan antara lain yaitu website, social media, email, dan lain-lain. Platform yang digunakan harus sesuai dengan target market dan kebutuhan pelaku usaha.

Ketiga, pelaku usaha harus membuat konten yang menarik.

Konten yang menarik dan berkualitas akan membuat target market tertarik dengan usaha atau brand tersebut. Selain itu, konten yang menarik juga akan membuat brand tersebut lebih diakui dan diingat oleh target market.

Keempat, pelaku usaha harus mengukur kesuksesan strategi digital marketing yang digunakan.

Pengukuran ini dapat dilakukan dengan menggunakan digital analytic. Digital analytic akan memberikan informasi tentang performa strategi digital marketing yang dijalankan. Ada banyak platform Digital Analytic yang dapat digunakan saat ini. Namun yang paling sering dan umum digunakan adalah Google Analytics.

Strategi digital marketing yang efektif akan sangat membantu usaha mikro untuk meningkatkan penjualan menjangkau target market. Namun, perlu diingat bahwa strategi digital marketing juga harus diperbarui sesuai dengan perkembangan teknologi dan target market yang dituju.

Jadi, apakah kamu salah satu pelaku usaha mikro? kamu bisa hubungi kami untuk pelajari lebih lanjut tentang apa yang bisa kami lakukan untuk membantu performa usaha kamu di dunia digital.

Chepi

Start from being a multidisciplinary designer with more than 5 years experience. He has a passion for creating beautiful, intuitive, and highly crafted solutions combining a considered approach with emerging technologies. He has wide-ranging experience in design focusing on Branding, Web, UX/UI, and other Visual Identity. Currently managing FRMWRK, a small creative performance agency.