SEM vs. SEO: Mana Yang Cocok Untuk Usaha Kamu?

Bicara tentang digital marketing, Google search engine sangat penting untuk menjangkau target audience. Di era yang serba digital ini, search engine semakin kompleks. Persaingan untuk menjadi yang teratas di halaman hasil pencarian (SERP) pun semakin sengit.

Dua cara yang biasa digunakan untuk meningkatkan traffic ke website kamu adalah Search Engine Optimization (SEO) dan Sarch Engine Marketing (SEM). Lalu antara dua cara tersebut, mana sih yang cocok untuk bisnis kamu?. Untuk mengetahui mana yang cocok untuk kamu, kita akan bahas dulu perbedaan antara SEO dan SEM.

SEM vs. SEO

SEO (Search Engine Optimization) adalah suatu proses atau metode optimasi situs website agar peringkat website pada hasil pencarian search engine lebih tinggi. Ini bisa dicapai dengan cara menargetkan keywords tertentu, memanfaatkan backlink dan lain-lain.

SEM (Search Engine Marketing) di sisi lain, adalah pemasaran melalui iklan di situs search engine, atau biasa kita sebut dengan Google Ads. Iklan ini akan muncul di atas atau di bawah hasil pencarian organik yang bisa mengarah pada naiknya traffic ke website yang kamu targetkan.

Jadi, mana ya yang cocok untuk bisnis kamu? Jawabannya, tergantung pada tujuan kamu. Kalau tujuan utamanya adalah mendapatkan traffic website dengan cepat, maka SEM adalah pilihan yang tepat. Karena dengan SEM, kamu hanya perlu membuat iklan dan menjalankannya. Tapi, SEM bisa menjadi sangat mahal dan kamu harus terus membayar biaya per klik atau yang biasa disebut dengan CPC.

Sebaliknya, kalau kamu ingin membangun traffic yang berkelanjutan dari waktu ke waktu, maka SEO adalah pilihan yang lebih baik. Karena traffic yang dihasilkan adalah organik dan gratis, SEO bisa memakan waktu yang lama untuk mendapatkan hasil yang optimal. Tapi jika dilakukan dengan baik dan benar, manfaat dari SEO juga akan bertahan lama.

Manfaat dari SEO

Tanpa perlu mengeluarkan biaya, kamu akan terus mendapatkan traffic website. Hal ini tentu saja jika kamu mengoptimalkan SEO website kamu secara baik. Traffic yang akan kamu dapat juga bersifat organik, yang artinya traffic tersebut berasal dari orang yang memang mencari atau tertarik pada produk ataupun jasa yang kamu tawarkan.

Selain itu, SEO juga sangat berguna untuk membangun kepercayaan dan kredibilitas kamu. Ketika website kamu berada di peringkat atas hasil pencarian, audiens kamu akan menilai bahwa bisnis yang kamu jalankan tersebut memang bagus. Ini akan berdampak pada konversi yang lebih banyak lagi.

Keuntungan SEO yang lainnya adalah, manfaat dari SEO yang baik akan bertahan selama bertahun-tahun. Karena itu, SEO adalah sebuah strategi jangka panjang. Prosesnya akan memakan waktu yang lumayan lama sebelum hasilnya bisa terlihat. Dan karena algoritma search engine juga semakin pintar, search engine seperti Google akan lebih bisa memilah dan mengidentifikasi mana konten yang berkualitas dan mana yang tidak. Maka dari itu, jika kamu ingin menjalankan SEO, teruslah membuat konten yang berkualitas agar website kamu tetap optimal secara SEO.

Keuntungan dari SEM

Meskipun manfaat SEM mungkin tidak bertahan selama manfaat SEO, itu tetap bisa menjadi cara yang efektif untuk menaikkan traffic ke situs web Anda.

Salah satu manfaat SEM adalah bahwa itu sangat terfokus. Anda dapat mengarahkan iklan Anda ke audiens tertentu berdasarkan demografis, lokasi, bahkan minat mereka. Ini sangat berguna jika Anda mencoba menjangkau niche atau demografis tertentu yang Anda anggap tertarik pada produk atau layanan Anda.

Keuntungan lain dari SEM adalah bahwa ia cepat. Setelah Anda mengatur iklan Anda, Anda akan mulai menaikkan traffic ke situs web Anda segera. Ini sangat membantu jika Anda mencoba meluncurkan produk atau layanan baru dan perlu menghasilkan penjualan dengan cepat.

Yang terakhir, SEM memberikan wawasan berharga tentang kinerja situs web Anda. Anda dapat melacak metrik seperti tingkat klik, impresi, dan konversi, dan menganalisis data untuk memperbaiki iklan Anda dan melakukan optimasi agar mendapatkan hasil yang lebih baik.

Manakah yang harus Anda pilih?

Jawaban terhadap apakah Anda harus menggunakan SEM atau SEO tergantung pada tujuan Anda, anggaran, dan waktu yang Anda miliki. Idealnya, Anda harus menggunakan kedua strategi untuk menaikkan traffic ke situs web Anda.

Jika Anda memiliki anggaran terbatas dan perlu menaikkan traffic ke situs web Anda dengan cepat, maka SEM mungkin menjadi pilihan yang lebih baik. Namun, jika Anda memiliki waktu dan sumber daya yang cukup untuk strategi jangka panjang, maka SEO seharusnya menjadi fokus utama Anda.

Kesimpulan

Singkatnya, SEM dan SEO adalah dua strategi berbeda yang digunakan dalam pemasaran digital. Sedangkan SEM melibatkan pembelian iklan di mesin pencari untuk menaikkan traffic ke situs web Anda, SEO berkonsentrasi pada mengoptimalkan situs web Anda agar mendapatkan peringkat tertinggi pada hasil pencarian mesin pencari organik. Keputusan untuk menggunakan salah satu strategi tergantung pada beberapa faktor, seperti anggaran, waktu, dan tujuan. Idealnya, Anda harus menggunakan kedua strategi secara bersamaan untuk mendapatkan hasil terbaik bagi bisnis Anda.

Image source:
https://unsplash.com/photos/O5v8heKY4cI
https://unsplash.com/photos/VCtI-0qlVgA
https://unsplash.com/photos/pgTUIohxAs8

Comments are closed